Rabu, 04 September 2013

Print dokumen menggunakan DOS Program

Pagi ini gue dapet laporan dari salah seorang user di kantor. Laporannya terlihat sepele awalnya, Hanya tidak bisa print jurnal report dari aplikasi

Namun ternyata, aplikasinya menggunakan aplikasi jaman baheula. Dimana tampilannya berbasis DOS (hadeuh, masih ada aja jaman sekarang ini). Dari hasil pengecekan, printer berfungsi dengan baik karena test print normal. Jadi asumsi gue masalah terjadi karena aplikasi DOS tidak mengenali printer.

Dan ternyata gue baru tahu kalau DOS itu hanya mengenal line LPT untuk prinyer dan tidak mengenal USB sebagai media I/O. Setelah googling untuk tahu karakteristik DOS, ditambah ilmu coba-coba akhirnya gue bisa menghubungkan printer tersebut dengan aplikasi yang dijalankan.

Oke, sekarang inti sharingnya :

1. Periksa printer properties. Pilih tab Advance, kemudian tab print processor. Diprinter yang dimaksud, kita ceklist keluarnya sebagai text.
2. Sharing printer tersebut.
3. Hubungkan printer sharing tersebut dan beri akses port LPT dengan perintah " NET USE LPT1 \\(nama-komputer)\(nama-printer-sharing) /persistent:yes "
4. Pastikan perintah sudah berjalan dengan " NET USE ". Jika terlihat ada path untuk LPT1 yang diarahkan ke printer sharing yang kita pasang dan statusnya OK. Maka proses kiya sudah benar.
5. Test print dengan menggunakan " DIR > PRN ". Jika keluar hasil print. Maka selesailah tugas kita. Jika muncul alert access denied, coba dipastikan bahwa spooler printer tersebut aktif dan restart spoiler servicenya.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. IYa om, sudah lama ga nemuin aplikasi berbasis DOS. terakhir itu sejak pindah ke markas baru.

    BalasHapus

Newsletter