Problem akses Klik BCA - VPN Tarumanegara port 10000

Hari ini gue dapet keluhan dari salah satu staff HRD, yang mengeluhkan bahwa koneksi ke klik BCA Corporate selalu tertolak. Dari alert yang tampil, menunjukkan bahwa koneksi TCP port 10000 ke VPN Tarumanegara tidak bisa establish. (Gambarnya besok aja diuploadnya. kebetulan ada dikantor). Padahal gue dah buka all akses di firewall gue untuk PC tersebut(kebetulan desain firewall kantor gue adalah deny all), namun masih selalu ditolak.

Langkah berikutnya gue coba lakukan disable firewall di PC yang bermasalah tersebut. dan didapat hasil PC tersebut dapat terkoneksi dengan VPN Klik BCA. Kesimpulan gue, harus ada exeption untuk aplikasi tersebut. setelah di googling, akhirnya gue menemukan blog yang juga memposting hal yang sama dengan masalah yang gue alami.

segera saja gue praktekan apa yang ada di blog tersebut pada PC user. ternyata simpe, caranya hanya dengan menambahkan beberapa port seperti dalam keterangan blog tersebut yang gue copy disini.

Sebenarnya ini nggak kepikir kita harus setting firewall di windows untuk bisa menggunakan layanan dari bca. Awalnya hanya seting di firewall di sisi network global saja tapi kenapa client tetap saja nggak bisa konek ke server vpn.

Port untuk kebutuhan vpn klikbca bisnis sudah dibuka yaitu port 10000 tapi tetap saja failed untuk konek ke server vpn.tarumanagara.com. Cari di internet termasuk tanya ke google.com akhirnya menemukan referensi di sini dan ternyata port ini ada standard yang dipakai oleh cisco untuk aplikasi vpn di perbankan atau institusi, jadi kesimpulannya adalah kita harus membuka port di setingan firewall di windows untuk aplikasi ini bisa jalan sempurna.

Port yang diperlukan adalah:

* Port 10000 (tcp dan udp)
* Port 62515 (udp)
* Port 4500 (udp)

Untuk seting firewall di windows ada di control panel, windows firewall kemudian di tab exception tekan tombol add port untuk menambahkan port yang akan dibuka.

Selamat mencoba dan tetap semangat.

Dan akhirnya setelah gue aktifkan kembali firewall PCnya, Akhirnya aplikasi klik BCA tersebut dapat diakses oleh user.

Sumber : disini

4 komentar:

Anonymous said...

gan ada software clientnya gak?

Jefry said...

Alhamdulilah saya belum pernah ngalaminnya,
sangat bermanfaat ni sharingnya, saya bookmark gan siapa tahu esok hari juga ngalami hal serupa
terima kasih banyak

Tedjo Martono said...

@anonymous : mohon maaf, saya tidak punya software clientnya. Karena software tersebut hanya di pegang oleh team HR kantor saya. Saya hanya sekedar operator mas. :)

@Jefrey : terima kasih mas, semoga sharing saya ini bermanfaat dan mendapat barokah..

Inaf Suwanto said...

silahkan main ke blog saya untuk download vpn bca...

dinsecta.blogspot.com terimakasih...

Post a Comment