Jumat, 17 September 2010

Membuat jadwal restart komputer otomatis






Pagi ini komputer yang biasa gue pake dikantor terasa berat banget. Buat buka aplikasi terasa lama banget. Mungkin karena komputer ini emang ga pernah dimatiin. Maklum, di komputer ini gue ngebuat beberapa server-serveran yang bisa gue gunain untuk kepentingan gue. Seperti FTP server, SSH Server dan lain-lain. Langsung aja gue restart PC gue dan akhirnya, tretet...tretet...tretet... PC gue langsung ngacir ga pake rem... :-)

Cuma gue berpikir, kalau tiap pagi gue harus reboot komputer ini. Rasanya akan makan waktu. Dan akan ada kemungkinan ga akan kerestart, karena tiap pagi pasti udah ada kerjaan yang menunggu. :-( Akhirnya gue keinget service task scheduler dari Windows XP. Dan muncul ide terang, Cring..cring..cring...kenapa ga gue pakai aja service tersebut. :D.

Oke, langsung aja ke caranya. Biar ga pada kabur liat tulisan gue yang semakin ngawur.


1. Buka control panel. (Start > control Panel). Mungkin di komputer lain akan beda caranya. Tapi ya intinya buka control panel.
2. Pilih task scheduler.
3. Pilih Add Scheduled Task, seperti gambar dibawah ini.

4. Akan tampil wizard untuk melakukan pengaturan. Pilih Next.
5. Kemudian akan ada tampilan untuk memilih aplikasi yang akan dijalankan. Pilih browse untuk memilih seperti gambar dibawah.
6. Arahkan pada direktori berikut C: > Windows > system32. Pilih aplikasi shutdown.exe seperti pada gambar dibawah ini. Kemudian pilih open.
 
7. Kemudian tentukan nama schedule dan waktunya. Karena gue ingin komputer ini restart setiap pagi, maka gue pilih daily. Seperti pada gambar dibawah ini. Kemudian pilih Next.
8. Tentukan Jam schedule tersebut. Seperti gambar dibawah. dan Pilih Next.
9. Masukkan username dan password dari komputer kita. Perlu diperhatikan, bahwa tanpa username dan password, task scheduler tidak akan berjalan. kemudian klik next.
10. Klik Finish. Pada menu utama Task Scheduler, akan  tampak schedule yang sudah kita buat tadi. Tapi tunggu dulu, ini baru membuat schedule mematikan komputer.
11. Klik kanan schedule yang baru dibuat, kemudian pilih properties. Seperti gambar dibawah.
12. Pada command run, tambahkan syntax -f -r -t 00 ( -f = untuk force shutdown, -r = restart, -t 00 = untuk memberikan waktu shutdown selama 00 detik). Seperti pada gambar dibawah ini.

Akhirnya selesai sudah membuat schedule untuk komputer gue. nanti kalau ada ide lain, gue tulis di pertemuan yang lain. :-)

thanks to : neng gue yang selama ini selalu support. :-*


1 komentar:

Newsletter