Senin, 27 September 2010

Windows XP mode, jurus sakti WIndows 7 untuk aplikasi yang butuh XP

Berawal dari sebuah status di FB. dimana rekan gue membahas tentang bagaimana melakukan dualboot antara windows 7 dengan windows XP sebagai solusi mengenai masalah ketidak kompatibelan beberapa software dengan kernel Windows 7. Merangsang gue untuk ikutan komen dengan berkata bahwa ada sebuah program bawaan windows 7 yang berfungsi sebagai solusi mengenai masalah ketidakkompatibelan software dengan windows 7.

Windows XP mode, itulah nama aplikasi yang gue bahas. Windows XP mode itu adalah sebuah mesin virtual windows XP yang diperuntukkan untuk solusi dari masalah kompatibilitas software di windows 7. Secara teori, seperti menjalankan windows xp namun secara virtual (kek pake VMware).

Seperti yang dikutip langsung dari FAQ microsoft mengenai mode ini,

"Windows XP Mode is a new benefit of Windows 7 Professional and Windows 7 Ultimate and provides additional application compatibility. It allows you to install and run many of your productivity applications for Windows XP directly from your Windows 7-based PC. It utilizes virtualization technology, such as Windows Virtual PC, to provide a virtual Windows XP environment for Windows 7."

Namun tidak semua hardware mampu untuk menjalankan aplikasi ini. Ada beberapa hardware yang tidak support untuk mode ini. Termasuk Laptop gue sendiri yang ga support.

Bagi yang ingin mencoba, silahkan baca-baca dulu disini. Kemudian download modul XP mode tersebut disini. Cukup ikuti instruksi yang tersedia. Dan selamat Menikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Newsletter