Sabtu, 04 Juni 2011

Blocking situs menggunakan windows XP

Sudah beberapa malam ini gue dimintain tolong sama temen-temen gue untuk menutup akses beberapa aplikasi atau situs-situs yang sebenernya "terlarang". Sebenernya kalau dia pakai semacam gateway seperti squid atau proxy lain, hal tersebut lebih mudah. Karena kita tinggal definisikan akses tujuan yang terlarang tersebut dan kita drop aksesnya. Masalah menjadi sedikit rumit karena perangkat yang dia pakai cuma modem ADSL dan switch biasa itupun sudah sangat ringkih. Saat gue coba tambahkan rule QoS modemnya jadi hang. :)) Bener-bener aneh bin ajaib tuh modem masih bisa terima traffic temen gue yang super-duper dahsyat. Setelah utak-atik beberapa firewall windows dan sembari buka-buka contekan lama. Gue menemukan catetan lama gue yang dulu sering gue gunain waktu masih dikantor lama gue kalau lagi iseng block akses komputer temen gue. Simple memang, namun ternyata jurus tersebut masih ajaib dan berkhasiat.



Udah ah, ga mau panjang lebar. Seperti biasa, here we go....

1. Buka Windows explorer.

2. Akses ke
C:\Windows\System32\drivers\etc

3. Klik kanan file host, dan buka menggunakan notepad ataupun wordpad.

4. Arahkan ke baris terakhir file tersebut.

5. Tambahkan sebagai berikut :

127.0.0.1 Situs-yang-hendak-diblok.com

dimana Situs-yang-hendak-diblok.com itu adalah alamat situs-situs yang hendak kita blok. dan arahkan querynya ke localhost.

6. Tekan enter dan lakukan hal yang sama untuk menambahkan baris lain.

7. Simpen file dengan nama yang sama.

8. Tutup notepad (wordpad).

Sekarang semua akses kearah situ yang sudah kita definisikan tersebut, akan di lempar querynya ke localhost. Dan hanya akan mendapat jawaban bahwa tidak ada respon atau koneksi time out.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Newsletter