Kamis, 12 September 2013

Mengubah default send/receive di Microsoft Outlook 2010

Secara bawaan, Microsoft outlook 2010 memiliki fasilitas untuk send/receive secara otomatis selama 30 menit. Artinya setiap 30 menit sekali, Microsoft Outlook akan secara otomatis melakukan pengecekan apakah sedang ada email yang harus dikirim atau diterima ke/dari server Email.

Akan tetapi untuk beberapa pengguna merasa bahwa rentang waktu 30 menit itu terlalu lama apabila sedang menanti email penting. Terlebih jika email yang kita tunggu tersebut sudah terbaca atau dipush ke gadget yang dimiliki. Memang melakukan manual send/receive dapat menjadi solusi, namun terkadang karena panik email belum sampai kita sering melupakan langkah tersebut.

Sebenarnya kita dapat mengubah waktu tersebut menjadi rentang 1 - 60 menit sesuai dengan kebutuhan kita. Berikut caranya untuk Microsoft Outlook 2010 (seri yang lain mungkin butuh penyesuaian) :

1.  Pilih Ribbon send/receive.
2.  Pilih di menu send/receive groups.
3.  Pilih submenu define send/receive groups.
4. Akan tampil send/receive groups properties. Kemudian dibagian setting for group "all accounts", ubah waktu dibagian "schedule an automatic send/receive every"  dari default 30 menit menjadi sesuai keinginan (rentang yang dapat digunakan 1 - 1440 menit).

Selanjutnya Microsoft Outlook akan secara otomatis melakukan prosedur send/receive dalam rentang waktu yang telah ditentukan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Newsletter