Senin, 17 Mei 2010

Trik 'Menyulap' Kartu Sim Biasa untuk iPad 3G


Jakarta - Di Indonesia, boleh dibilang belum ada operator yang secara resmi menyediakan Sim Card Micro. Hal ini menjadi masalah tersendiri bagi para pengguna iPad 3G. Pasalnya, komputer tablet ini menggunakan Sim Card yang ukurannya lebih kecil dari Sim Card biasa tersebut.


Beruntung ada John Benson, pengguna iPad asal Inggris yang bisa mengubah Sim Card biasa menjadi Sim Card Micro. Dengan menggunakan pisau pemotong daging, Benson sukses menyulap Sim Card Vodafone miliknya yang berukuran normal, menjadi Sim Card Micro yang muat pada slot di iPad.

Benson menuturkan, Sim Card berukuran normal yang kemudian diubah ke bentuk Sim Card Micro, tetap dapat berfungsi dengan baik pada iPad. Karena pada dasarnya, ukuran Sim Card normal yang lebih besar, tak lain hanya karena dominasi bahan plastik di sekeliling area kontak Sim Card berwarna emas. Sehingga dengan memotong sebagian bahan plastik di sekelilingnya, secara elektronik tidak akan mempengaruhi fungsinya.

Anda pun bisa melakukannya. Tutorial menyulap Sim Card biasa menjadi Sim Card Micro, dijelaskan dengan gamblang oleh Benson dalam blog pribadinya, yang dikutip detikINET, Senin (17/5/2010). Berikut adalah ringkasannya:

1. Pertama, gunakan sebuah Sim Card Micro untuk membuat pola pada Sim Card biasa yang akan dipotong.
2. Pastikan dua buah garis yang ada pada bagian tengah Sim Card Micro harus sejajar dengan dua garis serupa yang terdapat pada Sim Card biasa.
3. Dengan menggunakan pisau pemotong daging, tekan sekeliling bagian Sim Card yang akan dipotong, hingga terbentuk garis.
4. Setelah itu, Sim Card biasa dipotong menggunakan gunting, mengikuti garis yang dihasilkan dari tekanan pisau.
5. Jika sudah selesai, Sim Card biasa pun kini seukuran dengan Sim Card Micro.


Jika masih ragu-ragu, disarankan untuk berlatih dulu menggunakan Sim Card murah. Tak kalah penting lagi, perlu diingat bahwa ketika memotongnya, lakukan dengan sangat hati-hati agar jangan sampai mengenai area kontak Sim Card berwarna emas, dan juga tidak melukai tangan Anda. Selamat mencoba!.

Tak punya Sim Card Micro untuk jadi panduan pada langkah pertama di atas? Coba gunakan template yang ada di situs Softpedia.


Disclaimer: Artikel ini dibuat untuk pengetahuan saja. detikINET tidak bertanggungjawab apabila terjadi kerusakan pada Sim Card saat mencoba langkah-langkah di atas.

Tulisan ini 100% dikutip dari DetikInet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Newsletter