Minggu, 31 Juli 2016

Cek Performa network? pilih SPEEDTEST atau NPERF atau OPENSIGNAL

tulisan ini masih memiliki kaitan dengan tulisan sebelumnya di situs ini

Bagaimana memastikan bahwa kecepatan internet kita itu sesuai dengan layanan yang disewa?

Mungkin itulah pertanyaan yang mayoritas ada dari pengguna internet khususnya internet broadband di Indonesia. Mulai dari pelanggan paket data (yang katanya) unlimited hingga pelanggan fixed access di rumah-rumah.

Kali ini gue akan mencoba sedikit berbagi mengenai beberapa aplikasi yang dapat dipergunakan untuk mengetahui kecepatan internet yang saat ini disewa, bahkan ada aplikasi lain yang memberikan informasi lain yang mungkin dapat memberikan informasi untuk proses "security issue" :)

1. SPEEDTEST
Aplikasi ini sangat terkenal dikalangan pengguna internet. Bahkan sering dijadikan sebagai acuan untuk membandingkan kecepatan internet. Walaupun sebenarnya mematok aplikasi ini sebagai acuan utama sungguh sangat tidak bijaksana, mengingat kecepatan internet itu berbanding dengan konsumsi internet dan traffic yang saat ini terjadi. Aplikasi ini sangat simpel, karena hanya menampilkan berapa besar kecepatan upload dan download yang didapat oleh pengguna.




2. NPERF
Aplikasi ini adalah pilihan favorit gue untuk mengecek kecepatan internet yang dipakai. Karena selain pilihan untuk test kecepatan internet, aplikasi ini juga dilengkapi dengan alat untuk melakukan pengecekan kualitas streaming, kecepatan buka situs dan benchmark ISP. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pengecekan sinyal dan kualitas HDSPA dari provider paket data kita. Sehingga dapat memberikan gambaran provider mana yang sebaiknya dipakai di suatu daerah tertentu.







3. OPEN SIGNAL
Aplikasi ini juga salah satu aplikasi favorit gue, karena selain untuk melakukan pengecekan kecepatan internet, juga dapat memberikan gambaran informasi tentang provider GSM yang dipakai. Fitur utama juga hampir sama dengan NPERF, namun titik beratnya lebih kepada jaringan HSDPA.






Jadi, Apakah pilihan anda??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar