Minggu, 04 Januari 2015

Install Microsoft .Net Framework tanpa koneksi internet (Offline)

Saat ini hampir semua aplikasi di windows membutuhkan Microsoft .Net Frameworks untuk dapat dijalankan. Tapi ada satu masalah yang menurut gue cukup menyulitkan khususnya untuk kondisi ketika koneksi internet termasuk sangat siput, yaitu ketika diharuskan untuk melakukan instalasi Microsoft .Net Frameworks.

Hal ini terjadi ketika gue baru melakukan upgrade OS jendela yang gue pake. Setelah selesai melakukan instalasi OS, gue hendak melanjutkan untuk instalasi Microsoft Officenya. Dan ketika itulah muncul peringatan seperti dibawah ini.


Karena koneksi internet di rumah gue termasuk kategori siput, masalah download-mendownload modul diinternet cukup menjadi perkara.

Kemudian gue coba mencari di panduan di situs Microsoft, apakah ada cara lain untuk mengatasi hal tersebut. Ternyata didalam setup Files Windows 8 dan Windows 8.1 sudah termasuk didalamnya installer Microsoft .Net Frameworks 3.5. Dan ternyata cara mengaktifkannya cukup mudah. Hanya menggunakan sebaris command line, Microsoft .Net Frameworks langsung aktif. Tanpa perlu menunggu proses download.

Berikut cara yang gue kutip dari situs MSDN Microsoft :

1. Masukkan CD Installer atau Mounting file ISO windows 8/8.1
2. Jalankan program CMD, menggunakan priviledge Administrator.
3. ketikkan perintah dibawah ini

DISM /Online /Enable-Feature /FeatureName:NetFx3 /All /LimitAccess /Source:E:\sources\sxs
keterangan :
 E:\ ==> ini menunjukkan CD Drive atau ISO yang sudah di mounting. Path ini disesuaikan dengan kondisi anda.
4. Tunggu prosesnya hingga selesai.
5. Microsoft .Net sudah diaktifkan.



Sumber inspirasi dapat dibaca disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar