Kamis, 17 April 2014

Event ID 17003, Micrososft Exchange Transport Service tidak dapat distart

Hari ini gue mendapat sebuah pertanyaan dari temen gue, dia menginformasikan bahwa Microsoft Exchange miliknya bermasalah karena tidak bisa mengirim email. Setelah gue coba gali informasi lebih lanjut, akhirnya gue putuskan untuk melakukan remote ke Komputer kerja temen gue tersebut.

Dari hasil remote dan pengecekan gue, gue temukan informasi bahwa Service "Micrososft Exchange Transport" statusnya stop. Gue lakukan langkah awal untuk start, hasilnya selalu gagal. Dan dari penelurusan di Event Viewer, ditemukan informasi bahwa ada error dengan ID 17003 pada service Microsoft Exchange Transport. Hm,, mungkin ini titik terang masalah ini. :)

Setelah berkonsultasi dengan Paman kesayangan gue, gue dapet informasi menarik dari Micrososft, bahwa masalah ini terjadi karena Database ESE (Extensible Storage Engine) rusak sehingga mencegah service tersebut menyala. Database ESE ini dapat berupa MailQueue Database atau Content Filtering Database dan terletak pada Server dengan Role HT/CAS, dengan defaultnya terletak dilokasi "C:\Program Files\Microsoft\Exchange Server\V14\TransportRoles\data\Queue" untuk Mail Queue dan "C:\Program Files\Microsoft\Exchange Server\V14\TransportRoles\data\IpFilter" untuk Content Filtering Database. Dan kedua database tersebut dikontrol oleh file EdgeTransport.exe.config yang berada pada "C:\Program Files\Microsoft\Exchange Server\V14\Bin".

Ok, Gue rasa cukup penjelasan dari masalahnya. Sekarang untuk tindakan penanganannya adalah sebagai berikut.

1. Pastikan service Micrososft Exchange Transport dalam keadaan mati. (kalau dalam kasus yang gue alami, gue matikan semua service Microsoft Exchange hanya untuk jaga-jaga).
2. Masuk ke Server Exchange dengan Role HT/CAS, dan buka folder "C:\Program Files\Microsoft\Exchange Server\V14\TransportRoles\data\Queue".
3. Hapus File yang ada dalam folder tersebut.
4. Masuk ke folder "C:\Program Files\Microsoft\Exchange Server\V14\TransportRoles\data\IpFilter".
5. Hapus file yang ada dalam folder tersebut.
6. Start kembali service Micrososft Exchange Transport.

Setelah gue lakukan langkah diatas, Voila..... Service tersebut dapat distart dan masalah teratasi dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Newsletter