Rabu, 18 Agustus 2010

Download MP3 dari Directory sebuah situs



Tadi ada permintaan dari seorang teman untuk mencari mp3 musik-musik klasik. Kebetulan gue lagi males buat nyari-nyari link di IDWS ato IndoMp3z. Jadinya gue minta temen tersebut mencari linknya dan kirimkan ke gue untuk di download.

Setelah beberapa, dia mengirimkan sebuah link. Dari link tersebut, hanya di informasikan alamat situs dan list-listnya saja. Dia meminta untuk dibantu mendownload semua lagu yang tersedia dalam situs tersebut.

Sempet bingung, masa mau download satu-satu, emang kerjaan gue itu doang. Akhirnya setelah googling, gue nemuin tutorial sejenis dari Mas Widianto.


Tanpa basa-basi, berikut gue quote tulisan dari Mas widianto tersebut. Bisa dilihat langsung disini.

Seminggu kemarin ayahku membeli handpone baru sonny erricson aku lupa modelnya apa, yg jelas bisa sebagai walkman dan layarnya bisa disentuh (touchscreen.red), keren nigh heheh kalah aku masih pake nokia 6600 :D .

Kemudian ayahku menyalakan sebuah mp3 Quran kemudian di loudspeaker, wah suasana menjadi berubah jadi adem nih hati, padahal gak tau artinya :D , level nya masih sekitar pendengaran, belum bisa mengartikan heheh.

Lama-lama ko yo enak banget nih yang baca quran, tak lihat di handphone ternyata tertulis murathal ar-rifai, wah dah niat nih mesti download nanti klo dah dikantor.

Coba googling, dapet akhirnya dan bisa di download gratis alias gak bayar situsnya http://quranicaudio.com/quran/10, lumayan bete juga nih mesti downloa satu-satu sebanyak 114 surat, akhirnya kepikiran kenapa tidak download di server aja ya pake wget tinggalin beres deh, cuman bagaimana caranya kita download mp3 yg sebanyak 114 itu secara otomatis tidak harus wget satu-satu.

Mulai deh mikir dan coba baca-baca di manualnya wget dapet deh :d, berikut perintahnya :

wget -r -A mp3 -np -b -c -R html http://download.quranicaudio.com/quran/nabil_rifa3i/

-r (recursive)
Opsi -r akan mendownload seluruh isi situs, -r akan membuat wget menelusuri
seluruh link. Opsi ini bermanfaat apabila anda membuat mirror sebuah site.

-A (accept list)
Opsi ini biasanya selalu di ikuti dengan nama file yang ingin kita download
contohnya: $ wget -r -A mp3 [URL]
Dengan command diatas maka wget akan mendownload semua mp3 yang terdapat pada suatu site.

-np(no parent)
Dengan opsi ini -r tidak akan menelusuri keatas path.

-b(background)
Dengan opsi ini download akan berjalan di background, jadi walaupun putty kita disconected tetapi download kita tetep jalan.

-c(continue)
Dengan opsi ini apabila terjadi link putus makan akan resume kembali apabila link terkoneksi kembali.

Terima Kasih kepada :
-, Google
-, Mas Widianto
-, teman-teman yang membantu gue sehingga muncul ide tersebut. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Newsletter