Selasa, 13 Juli 2010

Setup New account menggunakan outlook express

Hari ini gue dapet sebuah pertanyaan dari seseorang kenalan. Sebenernya sih masalah simple. Tapi karena berkaitan dengan email. Maka hal tersebut jadi masalah besar buat dia.

Jadi begini, kenalan gue memiliki kapasitas email yang didapatkan sebagai gratisan dari hosting. Nah ternyata kuota email dia sudah penuh. sehingga banyak email yang bouncing. dan kebetulan dia menanyakan hal ini kepada gue. Dia bertanya Bagaimana caranya agar e-mail tidak mengalami over quota. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata selama ini dia membaca dan melakukan aktifitas email melalui webmail.

Ya udah, gue saranin aja agar email tersebut ditarik ke mail client. Disini gue menyarankan menggunakan outlook express. Sebenernya hanya karena gue lebih familiar dengan software tersebut. Walaupun ada aplikasi lain yang sejenis seperti Microsoft Outlook, Thunderbird atau the Bat.

Dalam Tulisan kami ini, gue hanya mencoba memberikan sedikit gambaran bagaimana melakukan setup untuk mail client outlook express. Berikut sedikit langkah-langkahnya :

Langkah-langkah membuat user account dalam Outlook Express.

1. Buka mail client Outlook express
2. Klik menu Tools > Accounts, seperti yang di tunjukkan oleh gambar 1.


3. Pada Tab Internet accounts, Pilih Menu add > mail. Seperti yang ditunjukkan oleh gambar 2.


4. Pada tampilan berikutnya, isi dengan Nama yang ingin ditampilkan dalam email tersebut. Kemudian klik next. Seperti yang ditunjukkan oleh gambar 3.



5. Pada tampilan berikutnya, isi dengan email address yang akan digunakan. Contoh ro.balikpapan@bahterapesat.co.id. seperti yang ditunjukkan gambar 4. Kemudian klik next.



6. Pada tampilan berikutnya, isi incoming mail dengan mail.bahterapesat.co.id dan untuk outgoingnya dengan smtp.velo.net.id. Seperti contoh gambar 5. Kemudian klik next.


7. Pada tampilan berikutnya, isi account name dengan username email yang digunakan dan passwordnya. seperti Contoh gambar 6. kemudian klik next.


8. Klik finish.
9. pilih send/receive untuk menarik email yang saat ini masih diinbox webmail.

Mungkin cukup sekian dulu tulisan malam ini. Berhubung juga dah ga tau mau nulis apa. Mudah-mudahan tulisan ini berguna buat yang baca. dan khususnya menjadi berkah buat gue.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Newsletter