Kamis, 17 Desember 2009

Membuat Interaksi blogger lebih menarik

Hari ini dapet tambahan ilmu berkat temen gue, dia komplain ke gue mengenai blog gue ini. Katanya kalo chat ma gue saat gue ol itu ribet banget. mesti login ke YM. padahal ga selalu di pc yang dia pakai di instal YM dan dia mau pake webmessenger, males banget untuk login katanya.

setelah coba googling cara-cara optimasi blog, akhirnya gue menemukan sebuah widget dari Yahoo yang membantu gue memecahkan masalah ini. Nama widgetnya Pingbox. Dengan tambahan widget buatan Yahoo ini, kita bisa langsung berinteraksi dengan pengunjung blog melalui YM tanpa mengharuskan sang pengunjung tersebut login ke YMnya. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung di kunjungi disini.

Untuk menampilkan Widget pingbox, maka minimal komputer yag digunakan mengakses blog atau web kita itu sudah terlebih dahulu di instal Flash player yang terbaru. Berikut akan gue coba ceritakan bagaimana kita menambahkan widget pingbox tersebut kedalam blog. (blog gue pake blogger)

1. Buka ke hompage pingbox; http://messenger.yahoo.com/pingbox. kemudian langsung pilih create a pingbox.


2. Kemudian kita akan dibawa menuju wizard setting pingbox. silahkan masukkan informasi yang hendak ditampilkan sesuai dengan keinginan. seperti contoh dibawah ini. Kemudian pilih save.


Setelah memilih save, kita akan dibawa ke sebuah form login Yahoo. isikan dengan ID Yahoo yang akan kita integrasikan dengan pinbox kita.



3. Pilih Jenis/Platform blog yang digunakan. (kebetulan gue menggunakan blogger, sehingga gue pilih blogger) dan kemudian copy script yang muncul pada kolom script. jangan lupa atur bentuk dan ukuran pingbox yang akan kita gunakan.


4. Tambahkan widget tersebut kedalam blog anda. Pilih layout > page element > add a gadget. Pilih Gadget Java Script dan kemudian paste script yang telah di copy tadi.

5. Blog anda kini semakin memudahkan pengunjung untuk berinteraksi.


Sumber : disini


1 komentar:

  1. Terima kasih gan atas tutorialnya, akan saya coba diblog saya dan semoga berhasil nih..
    sekali lagi terima kasih

    BalasHapus

Newsletter