Minggu, 22 November 2009

How to open docx in office 2003

Habis instal windows, jangan lupa instal microsoft office. bagi gue, 2 hal tersebut tidak dapat dipisahkan. gue masih belum bisa berpaling menggunakan program pengolah data lain. Namun bukan berarti gue ga mau berpaling menggunakan yang lain. Gue cuma masih berusaha mengurangi jumlah program bajakan dalam PC tua gue ini. :-)

Langsung aja di install Microsoft Office 2003 yang emang sudah selalu disiapkan di sebelah PC gue. langsung install complete, karena terkadang gue suka males kalo nanti ada paket2 yang butuh di instal.

Selesai instal, mulailah mencoba-coba aplikasinya. selalu gue mulai dengan microsoft word 2003. program pengolah kata yang telah gue kenal sejak gue berkenalan dengan windows. coba buka beberapa dokumen, tampaknya tidak ada masalah. semua file dokumen gue bisa dibuka dengan baik.

Masalah baru timbul saat ade gue nitip Flashdisknya untuk di scan virus. terlihat di Flashdisknya sebuah extention aneh dengan logo word. file tersebut berextenstionnya .docx

Mulailah mencari informasi, file apakah gerangan. kunjungi situs microsoft, menerangkan bahwa extention tersebut adalah Docx merupakan standard file MS Office 2007 milik Microsoft. Lebih spesific standard itu bernama OOXML alias Open Office. XML. Waduh, apalagi itu. makin ga ngerti gue. hehe,,,,

Standard .docx ini banyak bikin repot mereka yang tidak tahu. Tidak sedikit yang panik, karena menyangka itu virus. Solusinya bagaimana? apakah harus instal ulang Microsoft officenya ke versi 2007? ternyata tidak. solisinya mudah, setelah di cari menggunakan jasa paman Google (sungguh, gue ga bisa bayangin Internet tanpa kehadiran Google). Gue mendapat banyak software yang menawarkan jasa converter dari docx ke doc, sehingga MS Word kita yang sekarang bisa membuka file .docx tersebut.
Diantaranya http://zamzar.com/. Kunjungi webnya.web sitenya straigth to the point, dan mudah
penggunaannya.Intinya mereka akan mengconvert secara online file .docx milik Anda ke
format standard .doc dan mengirimkan via email.

Tapi bagaimana kalo kita jarang-jarang terkoneksi internet dan sedang butuh untuk membuka file tersebut. selidik punya selidik, ternyata Microsoftpun merelease patch agar product-product lawasnya dapat membuka file extention dalam microsoft 2007. Berikut kutipan langsung dari site resminya di sini.

To open Microsoft Office Word 2007 .docx or .docm files with Microsoft Office Word 2003, Word 2002, or Word 2000, you need to install the Microsoft Office Compatibility Pack for 2007 Office Word, Excel and PowerPoint File Formats and any necessary Office updates. By using the Compatibility Pack for the 2007 Office system, you can open, edit some items, and save Office Word 2007 documents in previous versions of Word. You can download the Compatibility Pack for the 2007 Office system from Microsoft Office Online.

With the Compatibility Pack, you can use some previous versions of Word to open Office Word 2007 documents that were saved in .docx and .docm formats. You cannot open Office Word 2007 template files that were saved in .dotx or .dotm format.


langsung aja pada intinya. Microsoft menyediakan fileconverter untuk edisi office lawas, agar dapat membaca extention keluaran dari office 2007. untuk dapat mencoba fileconverter tersebut, silahkan download patchnya di sini.

Langkah berikutnya sama seperti install file biasa. dan sekarang, Microsoft office gue adalah microsoft office 2003 rasa 2007. :-)

Thanks to :

- Google
- Microsoft Official site




2 komentar: