Rabu, 01 Juli 2009

Kegunaan lain SSH Tunnel

Melanjutkan bahasan terdahulu mengenai SSH Tunnel, tadi pagi gue dapet pertanyaan dari temen gue. bagaimana biar YM yang di blok proxy bisa dipake. saat gue liat connection preference di YM, terdapat pilihan SOCK proxy. coba coba googling, ternyata bisa juga YM ini menggunakan SSH Tunnel. So, gue coba aja dah. Berikut langkah-langkah yang gue lakuin.



1. Kamu harus punya koneksi ssh ke suatu server. Kamu bisa mendapatkan SSH Account secara legal ataupun illegal. Tergantung kemampuan dan kemauan aja deh. sebelumnya sudah saya persiapkan server tersebut. (hehehe,,, padahal ngerayu teman buat bukain koneksi sshnya. tapi lumayanlah, daripada kaga).
2. Siapkan putty sebagai tool yang akan kita pakai. bisa di download di sini.
3. Buka Putty kamu seperti gambar di bawah ini.


4. masukkan ip server kamu dan portnya seperti gambar dibawah diatas. pastikan kamu menandai dengan akses ssh.
5. pada tab sebelah kiri, kamu pilih conection. trus pilih ssh. kemudian pilih tunnel.
6. pada tab tunnel, di kolom Destination, kamu masukkan ip server ssh kamu. dan pilih port diatas 5500, type kamu pilih dynamic dan auto. dan pilih add. seperti gambar di bawah ini.




7. Login ke ssh kamu dan biarkan koneksi ssh tetap berjalan.
8. Buka YM kamu, kemudian pilih Messenger > Connection preference. seperti gambar dibawah ini.


9. Pada tab Conection pilih use proxy. Kemudian enable shock proxy. dan isi server name dengan local host dan portnya sesuai dengan port pada ssh anda. contohnya dapat digambarkan dibawah ini.


10. Klik apply dan OK. Sekarang kamu coba masukan id dan passoword YM. pastinya sekarang sudah bisa chating ria.



1 komentar:

Newsletter