Kamis, 23 April 2009

Jawaban MID CyberPreneurship



Nama : Tejo Martono
NIM : 0511521023
Mata Kuliah : Cyberpreneurship


Jawaban Mid-Test Cyberpreneurship


1. Entrepreneurship adalah sikap atau attitude yang ditunjukkan dengan wujud kepercayaan diri yang kuat, ulet dan tangguh, berpikir positif, kreatif dan ambisius. Inti dari entrepreneurship itu adalah kemandirian. Orang yang tidak mandiri, takkan pernah jadi entrepreneur. Pada prinsipnya Entrepreneurship itu ada pada semua orang, karena dalam diri setiap orang itu ada bakat dan kekuatan kemandirian. Tingal seberapa besar yang dimilikinya dan seberapa nekad orang itu untuk membangkitkan “naga entrepreneur “ itu dari dalam dirinya.

Technopreneurship adalah sebuah inkubator bisnis berbasis teknologi, yang memiliki wawasan untuk menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan di kalangan generasi muda, khususnya mahasiswa sebagai peserta didik dan merupakan salah satu strategi terobosan baru untuk mensiasati masalah pengangguran intelektual yang semakin meningkat ( + 45 Juta Orang). Dengan menjadi seorang usahawan terdidik, generasi muda, khususnya mahasiswa akan berperan sebagai salah satu motor penggerak perekonomian melalui penciptaan lapangan-lapangan kerja baru. Semoga dengan munculnya generasi technopreneurship dapat memberikan solusi atas permasalahan jumlah pengangguran intelektual yang ada saat ini. Selain itu juga bisa menjadi arena untuk meningkatkan kualitas SDM dalam penguasaan IPTEK, sehingga kita bisa mempersiapkan tenaga handal ditengah kompetisi global.

Cyberpreneurship adalah Jiwa kewirausahaan yang memanfaatkan media internet. Cyberpreneurship juga dapat diartikan sebagai kiat-kiat untuk mencari peluang bisnis dengan memanfaatkan teknologi-teknologi yang tersedia di internet.



2.Konsekuensi IT dalam bisnis online tidak dapat dipisahkan. Karena konsep bisnis online adalah menggunakan internet sebagai media pemasaran atau bisnisnya. Sehingga para pelaku bisnis online, setidaknya harus mengerti mengenai dunia IT. Khususnya terhadap aspek-aspek yang berhubungan dengan pengelolaan bisnisnya.

Analisa tren bisnis dapat dimulai dengan menjawab pertanyaan pokok berikut ini :
• Siapakah yang akan menjadi pesaing dewasa ini, dan siapakah pesaing di masa mendatang. ?
• Apakah strategi dan tujuan utama para pesaing. ?
• Sejauh mana pentingnya suatu pasar tertentu bagi pesaing?
• Dan apakah pesaing benar-benar melibatkan diri untuk melanjutkan investasinya?
• Kekuatan unik apakah yang dimiliki oleh para pesaing?
• Apakah mereka ini memiliki kelemahan yang dapat dijadikan peluang?
• Perubahan apa yang mungkin terjadi pada strategi pesaing di masa mendatang?
• Strategi pesaing ini meyebabkan implikasi apa dalam pasar, industri dan perusahaan sendiri?

Mekanismenya adalah dengan memutuskan apakah pesaing terpusat secara domestik, terpusat diluar negeri atau tersebar di seluruh penjuru dunia. Hal ini kemudian di buat grafik yang melukiskan keadaan di masa lalu,sekarang,serta berguna untuk mengantisipasi keadaan di masa yang akan datang.

3. Mekanisme untuk memaksimalkan Adsense, SEO dan Affiliate antara lain :
• Buatlah situs atau blog yang saling melengkapi
• Carilah yang berkaitan dengan situs web atau blog yang terkait produk anda
• Posisikan diri anda sebagai pengunjung dan bangun jaringan
• Masukkan ke direktori tentang affiliate program
• Tulis dan buat content yang unik
• Selalu melakukan up date content
• Gunakan Keyword phrase yang tepat
• Pilih phrase yang populer, tetapi jangan terlalu populer
• Buatlah website yang accessible

4. Mekanisme sebelum mengonlinekan sebuah website :
• Yang pertama-tama dipikirkan adalah apa yang ingin ditampilkan dalam web. Apakah itu company profile, atau berita, atau koleksi gambar.
• Setelah tahu apa yang akan ditampilkan baru kemudian dirancang menu-menunya. Menu-menu nanti yang akan menjadi navigasi untuk mengarahkan pengunjung supaya mudah menemukan informasi yang perlu ia dapatkan.
• Supaya pengunjung merasa nyaman browsing di website anda, anda harus membuat supaya web anda cantik. Pilihan warna-warna juga perlu dilakukan supaya mata yang melihatnya enak. Flash juga perlu, tapi dijaga supaya tidak terlalu ramai.
• Cara pembuatan HTML file juga perlu diperhatikan supaya search engine seperti Google mudah mengindex sehingga calon pelanggan yang sedang melakukan searching di Google mudah menemukan web anda sehingga anda mempunyai peluang mendapat pelanggan baru.
• Ukuran file juga harus diperhatikan supaya pengunjung cepat melihat web anda. Kalau terlalu menunggu, pengunjung akan meninggalkan web anda dan pindah ke tempat lain.
• Harus ada pemasaran yang efisien sehingga web anda dikenal orang. Ini bisa dilakukan secara offline maupun online. Jika dananya terbatas maka lakukan dengan online, jika dananya cukup lakukan gabungan pemasaran offline dan online. Untuk online lakukan dengan SEO (Search Engine Optimization), sehingga website anda mudah ditemukan melalui Google
• Website yang dihasilkan harus bisa disimpan dalam versi CD sehingga bisa dipakai sebagai Company Profile CD atau Product Catalog CD. CD ini juga bisa dipakai sebagai presentation tool untuk team sales dan marketing.

5. Berikut perbedaan antara Blogger dan Wordpress :
• Wordpress dapat mengimport postingan yang ada pada Blogger / Blogspot sebaliknya Blogger tidah bisa mengimport postingan yang ada pada Wordpress.
• Wordpress menyediakan form komentar yang user friendly sedangkan Blogger agak ribet untuk memberikan sebuah komentar, tapi jika Anda bisa mensettingnya tentu saja bisa user friendly
• Blogger menyediakan menu Drag Drop yang mudah untuk di gunakan, sedangkan Wordpress sulit Drag Drop edit element halaman.
• Blogger support Google Adsense yang mudah untuk kita gunakan pada Edit elemat halaman, sedangkan Wordpress tidak mensupport Google Andsense, meskipun banyak yang menyediakan plugin google Adnsense
• Wordpress lebih unggul dalam kasus menanggulangi spam karena telah di lengkapi dengan plugin anti spam, Sedangkan Blogger dapat di lakukan dengan moderation order dari commenting systemnya.
• Para pengguna Wordpress tergolong banyak yang sombong di bandingkan dengan Blogger meskipun hanya beberapa saja,
• Apabila Anda telah mempunyai domain dan hosting sendiri software Wordpress telah tersedia dan siap di install di cpanel Anda. Sedangkan Blogger tidak tersedia disana. Tetapi Anda juga bisa menggunakan domain Anda dan hosting pada Blogger.

6. Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Contohnya : Blogger dan Wordpress

Social Network adalah struktur sosial yang terbuat dari node (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat oleh satu atau lebih spesifik jenis interdependency, seperti nilai, visi, ide, tukar keuangan, persahabatan, hubungan seksual, kekerabatan, benci, konflik atau perdagangan. Contoh : Facebook, Muxlim, Friendster, Multiply dll.

Portal web. Kadangkala disebut dengan portal atau portal internet (internet portal). Di dalam dunia internet istilah ini dimaksudkan untuk website yang menyediakan beraneka ragam informasi untuk para pengunjungnya. Salah satu contohnya adalah layanan yang disediakan oleh American Online, yang beralamat di http://www.aol.com/, dimana di situs ini tersedia beraneka ragam informasi, seperti: belanja secara online (e-Commerce), breaking news, dll. Sedangkan salah satu portal dari Indonesia adalah DetikCom (http://www.detik.com) yang disebut dengan portal berita dan dikelola oleh Agrakom.


1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Newsletter